Membuat Garis dengan Library OpenGL
TUGAS GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA
MEMBUAT GARIS DENGAN OPENGL
1. Membuat Garis Horizontal.
Caranya sama seperti membuat garis vertikal hanya saja Code yang dituliskan seperti berikut :
/* OpenGL animation code goes here */
/* Membuat garis Horizontal */
glClearColor ( 0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f ); // [ Memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA ]
glClear ( GL_COLOR_BUFFER_BIT ); //[ Membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix (); // [ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]
glClearColor (1,1,1,0); // [ Menentukan warna garis/titik ]
glColor3f (1,1,1); // [ Menentukan warna garis/titik ]
glBegin ( GL_LINES ); // [ Menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glColor3f ( 0.0f, 0.0f, 1.0f );
glVertex3f ( -0.6f, 0.0f, 0.0f ); // [ Menentukan titik awal yang digunakan ]
glColor3f ( 0.0f, 0.0f, 1.0f ); // [ Menentukan titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f); // [ Menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd (); // [ Mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix (); // [ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]
SwapBuffers (hDC); // [ Menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar ]
Sleep (1);
}
}
/* Shutdown OpenGL */
Setelah anda menuliskan code tersebut, jalankan file dengan mengcompile project cara nya tekan tombol F9 pada file yang akan di compile,
Berikut ini hasil output dari program diatas :
2. Membuat Garis Vertikal.
Untuk Membuat garis Vertikal tuliskan code berikut setelah komentar :
/* OpenGL animation code goes here */ :
/* Membuat garis Vertikal */
glClearColor ( 0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f ); // [ Memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA ]
glClear ( GL_COLOR_BUFFER_BIT ); // [ Membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam ]
glPushMatrix (); // [ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]
glClearColor ( 1, 1, 1, 0 ); // [ Menentukan warna garis/titik ]
glColor3f ( 1, 1, 1 ); // [ Menentukan warna garis/titik ]
glBegin( GL_LINES ); // [ Menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f ( 0.10, 10.0 , 13.13 ); // [ Menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f ( 0, 0, 0. 0 ); // [ Menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd (); // [ Mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix (); // [ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]
SwapBuffers ( hDC ); // [ Menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar ]
Sleep ( 1 );
}
}
/* Shutdown OpenGL */
Menjalankan nya pun sama seperti cara membuat garis Horizontal di atas yang kemudian akan menghasilkan output/tampilan seperti gambar berikut :
3. Membuat Garis Diagonal.
Code yang dituliskan adalah Seperti berikut :
/* OpenGL animation code goes here */
/* Membuat garis Diagonal */
glClearColor ( 0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f ); // [ Memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA ]
glClear ( GL_COLOR_BUFFER_BIT ); // [ Membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam ]
glPushMatrix (); // [ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]
glClearColor ( 1, 1, 1, 0); // [ Menentukan warna garis/titik ]
glColor3f ( 1, 1, 1 ); // [ Menentukan warna garis/titik ]
glBegin ( GL_LINES ); // [ Menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f ( 0, 0, -0.8 ); // [ Menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f ( 9.9, 8.9, 0.1 ); // [ Menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd (); // [ Mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix (); // [ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]
SwapBuffers ( hDC ); // [ Menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar ]
Sleep ( 1 );
}
}
/* Shutdown OpenGL */
Maka hasil Outputnya akan seperti gambar berikut :
Demikian lah tutorial cara membuat garis Horizontal, Vertikal dan Diagonal dengan Dev C++ pada OpenGL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar